Minggu, 05 Mei 2013

KEGUNAAN LIDAH BUAYA

Kegunaan Lidah Buaya

Kegunaan Lidah Buaya ©

Nama latin lidah buaya adalah Aloe vera merupakan tumbuhan multifungsi bagi kesehatan dan kecantikan. Berbicara lidah buaya dan manfaatnya ternyata cukup banyak hal yang perlu dibicarakan. Di dalam lidah buaya, terdapat beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita, yaitu asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin C, E (antioksidan), dan zink, mineral, enzim, lactasit, cairan lignin, hormon, antibiotik, antiseptik, anti bakteri,anti-kanker, antivirus, anti jamur, anti infeksi, anti peradangan, anti pembengkakan, anti parkinson, anti aterosklerosis, serta anti virus yang resisten terhadap antibiotik.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Karena banyaknya kandungan yang terdapat dalam lidah buaya, maka banyak pengamat yang menyatakan bahwa lidah buaya tidak hanya berguna bagi kesehatan, tetapi juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti menurunkan gula darah pada diabetes yang tidak tergantung insulin, mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif lainnya. Beberapa Cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat lidah buaya, baik sebagai terapi kesehatan atau sebagai langkah penyembuhan penyakit, adalah sebagai berikut :

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan (radang tenggorokan)
Ambillah 1 daun lidah buaya, kemudian cucilah sampai bersih sebelum dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Ramuan ini bisa Anda minum sebanyak 3 kali sehari secara teratur.

Khasiat lidah buaya untuk rambut
Terbukti bahwa lidah buaya efektif mengurangi minyak di kulit kepala hingga rambut tidak gampang berketombe dan rontok. Cara kerja lidah buaya saat mengurangi minyak di kulit kepala adalah dengan mengurangi produksi sebum ( zat berminyak yang diproduksi dengan alami oleh tubuh yang juga diproduksi pada kelenjar rambut ). Nah, kandungan antibakteri lidah buaya lah yang menolong mengontrol kelebihan sebum tersebut hingga rambut lebih gampang bernafas karena tidak tertutupi kerak dari minyak tadi.

Manfaat lidah buaya untuk jerawat
Lagi-lagi antibakteri lidah buaya berperan menjadi pembunuh bakteri penyebab infeksi yang menimbulkan jerawat. Pemanfaatan lidah buaya untuk menangani jerawat yaitu dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya dengan mengambil daging lidah buaya secukupnya. Blender daging lidah buaya tersebut sampai halus dan segera pakai sebagai masker wajah anda yang berjerawat. Tunggu beberapa saat lalu cuci bersih wajah anda dengan air.

Manfaat lidah buaya untuk kulit
Lidah buaya bisa di manfaatkan untuk merawat kulit, yang salah satunya adalah untuk melembapkan kulit. Khasiat ini telah dikenal sejak zaman baheula yaitu di jamannya cleopatra. Tidak mengherankan jikalau nyaris 70% produk kosmetik waktu itu intisarinya adalah gel lidah buaya. Zat lignin yang dikandungnya diyakini bisa menembus sekalian meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit anda. Hasilnya adalah kulit jadi tidak cepat kering sedang kelembapannya terus terjaga.

Sumber : kamulah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar